Sabtu, 22 Januari 2011

TES IQ

Siswa Kelas III lagi Tes IQ
Untuk mengetahui karakteristik dan kemampuan siswa, baru - baru ini SD Negeri Karangmojo 03 mengadakan Tes IQ secara serentak dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama sekolah dengan salah satu Lembaga Pengembangan Pendidikan  Jogjakarta. Pelaksanaan Tes dilaksanakan pada hari senin,tanggal 10 Januari 2011.
Siswa kelas 6 begitu antusias saat melaksanakannya, terlihat saat pengerjaannya  siswa dengan dengan tekun memperhatikan petunjuk yang diberikan oleh tutor dan mengerjakannya dengan hati-hati. Begitu juga dengan kelas 5 dan 4, rata-rata mereka sudah memahami apa yang seharusnya dikerjakan. Hal yang lucu terjadi saat beberapa siswa kelas 3 mengerjakan tes, terlihat mereka masih bingung dalam menjawab soal-soal yang diberikan karena bentuk soalnya memang agak membingungkan karena beberapa soal yang berupa pola-pola bangun memang terlihat mirip dengan semua jawaban sehingga memerlukan ketelitian tetapi karena harus mengejar waktu yang disediakan maka soal yang mereka kerjakan ada yang tidak terjawab.
Memasuki pada tahap  berikutnya  pengerjaannya juga hanya dibatasi waktu sekitar 30 menit. Beberapa siswa kelas 6 terlihat lebih menyukai bentuk soal ini, soal dapat dijawab dengan cepat karena bentuk soalnya pengetahuan umum. Walaupun ada beberapa siswa yang  tampak kesulitan tetapi secara garis besar pelaksanaan Tes IQ ini berjalan dengan lancar dan tanpa adanya kendala yang berarti.
Hasil tes akan diberikan sekitar 2 minggu dari jadwal yang diberikan. Semoga hasil tes nantinya dapat digunakan sebagai pijakan bagi orangtua, guru ataupun siswa itu sendiri sebagai tolok ukur kemampuan, bakat ataupun minat yang dimiliki sehingga prestasi akademiknya dapat lebih ditingkatkan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hasil tesnya yang paling tinggi siapa pak?