Minggu, 24 April 2011

Lomba Website/Blog Sekolah

Perkembangan dunia pendidikan berdampak luas terhadap masyarakat. Berbagai kebijakan yang diterapkan sekolah berhubungan langsung dengan masyarakat. Berbagai persoalan tentang anak didik semakin kompleks. Dari beberapa kasus pembelian buku LKS sampai dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) telah menjadi sorotan masyarakat.
Pengelolaan sekolah yang kredibelitas akan menentukan seberapa besar minat masyarakat terhadap sekolah yang akan menjadi tujuan para orang tua. Untuk itu, perlu penanganan yang baik. 
Beberapa sumber biaya pendidikan telah digelontorkan oleh pemerintah untuk mendongkrak kemajuan dunia pendidikan, baik dari pemerintah pusat (BOS-APBN) maupun dari pemerintah daerah (BOS-APBD). Semua itu bertujuan untuk kemajuan dunia pendidikan dengan tanpa memberatkan beban masyarakat (orang tua).
Dengan kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dengan internet,memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan cara mudah dan cepat. Fenomena ini membuat masyarakat menuntut hak untuk mendapatkan informasi secara mudah dan cepat.  Keterbukaan informasi publik merupakan pondasi dalam membangun tata pengelolaan sekolah yang baik. Sekolah yang transparan, terbuka, dan partisipatoris dalam seluruh pengelolaan, termasuk seluruh proses pengelolaan sumber daya publik sejak dari proses pengambilan keputusan, pelaksanaan serta evaluasinya.sedemikian maju pesat.Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik mendorong masyarakat lebih cerdas dan demokratis dengan memungkinkan adanya akses masyarakat terhadap informasi yang dimilik pemerintah, Implikasi adanya UU No 18 tahun 2008 adalah terjadinya transparansi dan akuntabilitas badan-badan publik, optimalisasi perlindungan hak-hak masyarakat terhadap pelayanan publik, terciptanya tata pemerintahan yang baik dan tata kelola badan publik serta mendorong akselerasi demokratisasi. Sehingga diharapkan terwujud pengelolaan informasi yang berkualitas, pelayanan informasi secara mudah, cepat, dan biaya ringan, serta terwujudnya kinerja sekolah yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. Sekolah sebagai salah satu lembaga publik, sudah semestinya memberikan perhatian yang cukup terhadap pemanfaatan Blog dan Website sekolah sebagai bagian dari transparansi publik, dan bagian dari pemanfaatan TIK untuk pembelajaran.
Benar adanya dalam hal ini, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaui Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan mengadakan lomba website / blog sekolah, bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam Program pemanfaatan Teknologi informasi dan Komunikasi sehingga masyarakat luas dapat mengakses dengan lebih mudah dan cepat. Namun, mungkin ada banyak kendala, mengapa belum banyak website/blog sekolah yang belum mendaftarkan website/blog sekolah ke dalam lomba ini. Walaupun sudah ada puluhan bahkan ratusan sekolah yang sudah mempunyai website sekolah maupun blog sekolah. Salah satu alasannya, mungkin pada saat tulisan ini kami posting adalah waktunya masih digunakan untuk persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan dasar maupun menengah. 
Semoga saja setelah kegiatan ini, semakin banyak peserta lomba website/blog sekolah yang akan mendaftarkan di lomba website/blog sekolah oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
Berikut ini, juga kami sampaikan beberapa Peserta lomba website/blog sekolah jenjang dikdas yang kami peroleh dari situs BPTIK Jawa Tengah, per tanggal 21 April 2011, pukul 01.10 WIB.

No
Nama Sekolah
Alamat Blog / Web
1
SMP N 2 Kaliwungu Kendal
2
SD Islam Integral Luqman al Hakim Purwodadi
3
SMP N 1 Bumiayu Brebes
4
SMP N 2 Brebes
5
SD N Tidar 5 Magelang
6
SMP N 1 Kaliwungu Semarang
7
SDN N 2 Pucangan, Sadang, Kebumen
8
SD N 3 Karangmojo, Sukoharjo











Untuk lebih lengkapnya dapat anda kunjungi situs resmi BPTIK Jawa Tengah, Sebelum meninggalkan blog kami yang sederhana ini dimohon kiranya anda berkenan meninggalkan komentar sepatah dua patah kata.Karena komentar anda sangat membantu dalam perkembangan blog ini. Terimakasih semoga membantu dan silahkan berkunjung dilain waktu



















0 komentar: