Minggu, 06 Maret 2011

PERLENGKAPAN UPACARA BENDERA

      Upacar Bendera, tentu tidak asing bagi kita yang bergelut didalam instansi pemerintah, apalagi bagi insan pendidik. selain kegiatan rutin upacara bendera setiap hari senin, tentu saja dalam setahun pasti akan mengadakan upacara-upacara kebesaran, seperti : Upacara HUT Kemerdekaan , Hari Kebangkitan Nasional, Hari Pendidikan Nasional serta masih banyak lagi. Nah.. dalam mengadakan upacara bendera tentu saja kita perlu menyiapkan sarana yang diperlukan, agar dalam pelaksanaannya dapat berjan lancar. Apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk, kita kita bahas.

      A. Bendera
  • Ukuran Bendera kebangsaan untuk upacara selalu dengan perbandingan lebar dan panjang = 2 : 3, dengan ukuran terkecil 1 meter x 1,5 meter dan terbesar ukuran 2 meter x 3 meter.
  • Cara melipat dan merentangkan
  1.  Cara Melipat bendera adalah sebagai berikut : Ujung warna merah bertali/kait harus dipegang dengan tangan kanan dan warna putih yang bertali/kait harus dipegang dengan tangan kiri. Melipat menurut panjang bendera, dilipat menjadi 2 bagian, yaitu warna merah dipegang dengan tangan kanan bagian atas dan warna putih dipegang tangan kiri bagian bawah. Dilipat menjadi 2 bagian lagi sehingga warna putih berada di bagian dalam, sedangkan warna merah berada dibagian luar yang sekaligus berfungsi untuk melindungi warna yang putih. Dilipat lagi menjadi 3 atau 4 bagian, sampai ujung/tepi warna merah selalu berada di bagian luar.
  2. Cara merentang bendera  sesaat sebelum pengibaran pada  upacara bendera  yaitu : Ujung-ujung yang bertali/kait selalu berada diatas tangan kiri. Ujung bendera yang bertali/kait warna merah diikat/dikaitkan pada tali/kaitan yang ke atas, sedangkan ujung bendera warna putih yang bertali/kait di ikat/diikatkan pada tali/kaitan yang bawah.
  3. Bendera ditarik/direntangkan ke arah kanan pembawa bendera.
     B. Tiang Bendera
Bentuk Tiang Bendera
          Tiang bendera hendaknya dibuat dari bahan yang baik, seperti pipa besi sehingga dapat berdiri tegak,   tidak condong dan berdiri kokoh. Ukuran Panjang tiang Minimum 5 meter dan maksimum 17 meter. Pipa besi sebaiknya terdiri dari 2 jenis. Pipa ukuran yang lebih besar berada di bawah lalu untuk perpanjangannya bisa menggunakan pipa yang lebih kecil ukurannnya
    C.  Tali Bendera
          Tali bendera seyogyanya berwarna putih dan tidak terbuat dari plastik karena mempunyai efek licin yang besar. Untuk tali bendera lebih baik menggunakan jenis tali layar atau sejenis yang tidak membuat efek licin.
          Dari ketiga hal tentang bendera upacara tersebut, ukuran bendera, tiang, tali yang digunakan harus disesuaikan dengan keadaan gedung, halaman, lapangan dan tempat dimana bendera itu di kibarkan.
Agar lebih dapat memahami tentang upacara bendera, tunggu postingan kami selanjutnya. Tetapi apabila ada saran. kritik tau bahkan ide silahkan untuk memberikannya kepada kami. Kami tunggu komentar dari anda.

0 komentar: