Kamis, 07 April 2011

KURIKULUM SEKOLAH


KATA PENGANTAR


          Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk  SD Negeri Karangmojo 03 ini telah dapat disusun dan insya Allah dapat diimplementasikan mulai tahun pelajaran 2010/2011.

          Sebagaimana amanat UU Republik Indonesia Nomor 20 / Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pengembangan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dimaksudkan untuk memenuhi pencapaian tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan kondisi dan potensi daerah , satuan pendidikan dan peserta didik.

          Sebagai acuan utama dalam pengembangan KTSP ini adalah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 / tahun 2005 tentang Standar Isi dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 / tahun 2005 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Selanjutnya program pendidikan lainnya, disusun berdasarkan kajian empiris terhadap potensi yang dapat dikembangkan dengan penyesuaian seperlunya terhadap kebutuhan masa depan.

          Akhirnya segala saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan dari seluruh pihak terkait demi kesempurnaan KTSP ini. Semoga kualitas pembangunan manusia Indonesia akan dapat ditingkatkan dan pada gilirannya mampu menghasilkan mutiara-mutiara berharga bagi kejayaan bangsa dan negara Indonesia tercinta.
          Amin.
           
             
                                                                                        Karangmojo, 12 Juli 2010
                                                                                                Kepala Sekolah
                                                                                                



                                                                                               Sri Waloyo, S.Pd
                                                                                    NIP. 19630515 198903 1 022

BAB I


PENDAHULUAN


      A.  LATAR BELAKANG


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan tersusunnya kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dengan mengacu kepada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kurikulum merupakan seperangkat rencana  dan pengaturan mengenai tujuan ,isi dan bahan pelajaran  setrta cara yabfg dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan  tertentu. 
Demikian halaman muka dari Kurikulum SD Negeri Karangmojo 03. Untuk Lengkapnya bisa di Unduh disini. Kurikulum SD Negeri Karangmojo 03 ini adalah sebagai salah satu  bentuk transparansi kami kepada masyarakat, agar dapat mengaksesnya.
Semoga dapat membantu

 

0 komentar: