Minggu, 06 Maret 2011

Aba Aba Baris Berbaris

Baris-berbaris, tentunya kita semua pernah mengalaminya sewaktu masih sekolah, baik itu di SD/SLTP/SMU maupun di Universitas. Sedangkan arti dari baris berbaris itu apa sih? Baiklah mari kita bahas. 
Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup siswa yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.
Sedang maksud dan tujuannya yaitu, untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin, senasib dan sepenanggungan, sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.
Demikian jelas kegunaan dari baris-berbaris, namun kita sering kali lupa , apa saja aba-aba dari baris berbaris itu? Untuk mengingatnya, coba kembali kita baca ulasan berikut ini.
Macam-macam aba aba baris berbaris dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. Aba-aba Petunjuk.
  2. Aba-aba Peringatan.
  3. Aba-aba Pelaksanaan.
Gerakan Dasar ( Perorangan ), aba-abanya terdiri dari :
  1. Siap.
  2. Istirahat ditempat.
  3. Lencang kanan/kiri/setengah lencang kanan/kiri.
  4. Hormat 
  5. dsb.
 Gerakan Perubahan arah
  1. hadap kanan/kiri.
  2. Balik Kanan
  3. Serong Kanan/kiri.
Gerakan Berjalan 

  1. Maju Jalan.
  2. Langkah Tegap Maju Jalan.
  3. Langkah Perlahan Maju Jalan.
  4. Langkah Ke samping Kanan/kiri
  5. Langkah ke Belakang.
  6. Langkah ke depan.
  7. Lari Maju Jalan.
  8. Ganti Langkah Jalan.
  9. Jalan ditempat Grak.
  10. berhenti Grak
  11. Hormat Kanan/kiri Grak
  12. Haluan kanan/kiri jalan.
  13. melintang Kanan/kiri jalan.
Dari sekian aba-aba baris berbaris diatas, ada beberapa gerakan yang tidak sering dilakukan oleh orang. Contohnya : Hormat kepada komandan saat sedang berjalan. Untuk mengingatnya berikut ini petunjuk pelaksanaannya :
    A. Hormat saat berjalan 
        " Hormat kanan/kiri....Grak "
        Gerakan ini bisa dilaksanakan pada saat berjalan dengan langkah tegap. Aba-aba pelaksanaan diberikan pada waktu kaki kanan jatuh ditanah kemudian ditambah satu langkah, langkah berikutnya kepala dipalingkan ke kanan atau ke kiri (kepada Komandan yang diberi hormat ) selebar45 derajat sehingga saat ada aba-aba " tegak Grak" banjar kanan/kiri tetap melihat kedepan untuk memperhatikan arah didepannnya.
        " Tegak...Grak "
    aba-aba diberikan pada saat kaki kanan jatuh ditanah, setelah ditambah satu langkah lengan dilenggangkan ke langkah tegap.
    Itulah petunjuk pelaksanaan dari aba-aba hormat  kepada komandan saat berjalan. selain aba-aba itu juga ada petunjuk dari pelaksanaan dari aba-aba Haluan Kanan/Kiri, Melintang Kanan/Kiri, serta ada validasi panjang dan empo macam langkah sesuai dengan ketentuannya. Tapi tentu saja belum dapat di posting sekarang, jadi, tunggu saja postingan berikutnya. Atau mau ikutan memberikan jenis aba-aba yang lain? Silahkan di share ke sini ya! di tunggu komentarnya.

    2 komentar:

    Tegar Febriansyah mengatakan...

    ada abah2 yang salah,seharusnya henti grak.Bukan berhenti grak,saya tau karena saya seorang paskibra

    SDN KARANGMOJO 03 mengatakan...

    Oyah, Terima kasih atas koreksinya, yang betul "henti grak" gitu ya. Mungkin kalau Boss masih punya materi PBB yang lain, boleh dong kirim ke Emailku Rheygen@google.com. ntar aku posting di sini. itung-itung buat dukung lomba blog. Okaey Boss,.... di tunggu