Kamis, 02 Juni 2011

Cara Menyusun RPP

RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar. RPP ini merupakan satuan atau unit program pembelajaran terkecil untuk jangka waktu mingguan atau harian yang berisi rencana penyampaian suatu pokok atau satuan bahasan tertentu atau satu tema yang akan dibahas. RPP paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang meliputi 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih
Bentuk RPP yang dikembangkan oleh sekolah yang satu dengan sekolah yang lain mungkin berbeda-beda, tetapi isi dan prinsipnya seharusnya sama. Komponen minimal yang ada dalam RPP adalah tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar
Komponen RPP memuat :
  • Identitas Mata Pelajaran
  • Standar Kompetensi
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pencapaian Kompetensi 
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Ajar
  • Alokasi Waktu
  • Metode Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian Hasil Belajar 
  • Sumber Belajar 
§  
Unsur-unsur  pokok didalam RPP
 
  • Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran, kelas, semester, dan wak-tu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
  •  Kompetensi dasar dan indikator-indikator yang hendak dicapai.
  •  Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rang-ka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
  • Kegiatan pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang ha-rus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator).
  • Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kom-petensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pem-belajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
  •  Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan diguna-kan untuk menilai pencapaian belajar siswa serta tindak lanjut hasil penilaian
Langkah-langkah didalam menyusun RPP
 
1.   Mengisi kolom identitas
2.   Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan 
 
3.   Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
4.   Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan. (Lebih rinci dari KD dan Indikator, pada saat-saat tertentu rumusan indikator sama dengan tujuan pembelajaran, karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi
5.   Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran
6.   Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
7.   Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
8.   Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
9.   Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran, dll
3
 

0 komentar: