Senin, 12 September 2011

Haornas ke Taruwangsa

Bertepatan dengan tanggal 9 september 2011 yang kita kenal dengan Hari Olahraga Nasional SD Negeri Karangmojo 03 mengadakan kegiatan olahraga, kebetulan juga bersamaan dengan Program Jum’at Sehat. Kegiatan yang menjadi program tahunan ini dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 9 september 2011 mulai pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh siswa dari kelas I - VI serta guru dan karyawan. Acara yang diadakan adalah hiking ke Gunung Taruwangsa yang berada diperbatasan Kecamatan Weru dengan Kecamatan Tawangsari. Dengan jarak yang ditempuh sekitar 3 km dari lokasi sekolah. 

Pengarahan Pemberangkatan
Kegiatan ini bertujuan untuk menikmati pemandangan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Mempelajari alam sekitar kita serta mengembalikan kebugaran siswa dan guru setelah sebulan melaksanakan puasa di bulan ramadhan. Perjalanan untuk sampai ke puncak gunung taruwangsa diperkirakan selama 1 jam. 
Dengan penuh semangat, siswa dengan pasti mendaki satu persatu bebatuan gunung sebagai pijakan. Untuk memudahkan perjalanan, siswa dibagi secara berkelompok dengan bimbingan satu orang guru sebagai pemandu. Jalan yang ditempuh tidak terlalu terjal, hanya ada beberapa tanjakan batu yang tidak terlalu tinggi selebihnya adalah jalan setapak berkelok di sepanjang ladang penduduk.
Naik-naik Ke Puncak Gunung

Dibawah rindangnya pohon, siswa berhenti sejenak untuk menghilangkan penat. Sambil berfoto-foto ria siswa membuka bekal yang berasal dari rumah. Tampak kegembiraan terpancar dari raut wajah mereka. Setelah penat terobati, perjalanan pun dilanjutkan. Tujuan akhir dari hiking ini terletak di puncak Gunung Taruwangsa.
Istirahat di Pos Pengamatan



Pegunungan yang menjadi obyek wisata alam dan religi andalan di kawasan Kabupaten Sukoharjo ini ramai dikunjungi saat lebaran atau hari raya ‘idhul fitri. Obyek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan domestik di kawasan Kabupaten Sukoharjo selatan ini selain mempunyai pemandangan yang indah juga terdapat makam Ki Ageng Banjaransari.
Puncak Gunung Taruwongso
Pemandangan dari puncak 
Dari puncak gunung dapat kita nikmati indahnya pemandangan di sekeliling gunung taruwangsa, disebelah selatan membujur dari barat ke timur pegunungan kapur selatan yang merupakan jalur rangkaian bukit barisan, disebelah barat dapat kita nikmati Gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang tinggi sedangkan di utara terdapat perbukitan dan hamparan sawah dan pemandangan kota Sukoharjo. Kalau kita perhatikan ternyata di kawasan Sukoharjo selatan ini terdapat banyak obyek wisata, selain wisata alam juga terdapat wisata religi yang tak kalah menariknya. Obyek wisata Banyu Nibo (air terjun) berada di bagian selatan Kecamatan Weru, tepatnya di Desa Karangtengah, Makam Ki Ageng Joko Tingkir di Desa Jatingarang, Reruntuhan Candi Sirih di Desa Karanganyar, Makam Kyai Kajoran di Desa Karangmojo, dan masih banyak lagi.

0 komentar: