Jumat, 25 Maret 2011

LOMBA BLOG GURU DAN SEKOLAH 2011

Dalam rangka meningkatkan kompetensi seorang guru yang peduli, cakap, dan bijak  dalam memanfaatkan TIK untuk pendidikan (e-Pembelajaran), Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melalui Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Tahun 2011 ini akan menyelenggarakan lomba yang meliputi :
  1. Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif.
  2. Lomba Blog Guru.
  3. Lomba Blog Sekolah    
Tujuan dari penyelenggaraan lomba ini, seperti yang dilansir didalam panduannya adalah untuk :
  1. Memotivasi warga sekolah mengembangkan dan mempublikasikan bahan belajar interaktif mandiri .
  2. Memperkaya konten pendidikan di internet.
  3. Memotivasi sekolah mempublikasikan aktivitasnya.
  4. Merangsang kesadaran warga sekolah akan pentingnya bahan ajar / media pembelajaran berbasis TIK / ICT sebagai penunjang proses pembelajaran.
  5. Terbentuknya kultur pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh warga sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK.
  6. Dengan mediasi Bahan Ajar/Media Pembelajaran berbasis TIK dalam proses pembelajaran diharapkan berkontribusi untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran/pendidikan.
  7. Merangsang kesadaran warga sekolah akan pentingnya keterbukaan informasi bagi publik dan Terbentuknya kultur pengelolaan sekolah yang transparan dan akuntabel.
Sasaran dari penyelenggaraan lomba ini adalah seluruh  guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta di seluruh Jawa Tengah. 
Sedangkan kriteria yang diterapkan adalah sebagai berikut :
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Terdaftar sebagai Guru SD / MI, SMP / MTs , SMA / MA, dan SMK negeri atau swasta yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah.
  3. Memiliki NUPTK.
  4. Belum pernah menjadi juara I, II, atau III pada lomba serupa pada tingkat provinsi maupun nasional.
  5. Karya MPI dan blog guru yang diajukan adalah karya individu, sedangkan Blog / Web sekolah adalah karya pendidik atau tenaga kependidikan, pada sekolah yang bersangkutan
Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir dan surat pernyataan  yang dapat diunduh di website BPTIKP  http://tik.pdkjateng.go.id dalam bentuk file rar. Untuk dapat mengisi formulir, tentunya file hasil unduhan harus diekstrak dulu. Sehingga dapat dibaca oleh program pengolah kata anda, semisal Microsoft Office Word. 

Formulir pendaftaran dan Surat Pernyataan  dapat dikirimkan ke alamat email bptikp@yahoo.com dengan tembusan msigidhrd@yahoo.co.id . Sedangkan formulir yang asli  harus  dibawa saat  masuk nominasi, untuk mengikuti presentasi dan wawancara.

Seperti yang di rilis dalam website BPTIK Jateng, hadiahnya cukup lumayan. Kategorinya adalah :
Juara I : mendapatkan Trophy, Uang Pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,00 dan sertifikat
Juara II : mendapatkan Trophy, uang pembinaan sebesar Rp. 4.000.000,00 dan sertifikat
Juara III : mendapatkan Trophy, uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,00 dan sertifikat
Yang tidak kalah menariknya adalah dari semua peserta yang masuk nominasi akan mendapatkan sertifikat sebagai nominator lomba. Untuk peserta yang belum masuk menjadi juara maupun nominator akan tetap mendapatkan sertifikat peserta.

Penyelenggaraan lomba ini, memanglah sangat penting seperti dituangkan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa dalam melaksanakan profesinya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Itulah mengapa, kita sebagai guru harus selalu berinovasi sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Salah satu contohnya adalah  dengan membuat website sekolah sehingga anak didik maupun masyarakat  bisa lebih mudah mengakses informasi sekolah sesuai dengan kebutuhannya. 
Untuk itulah melalui kesempatan  ini, marilah kita bersama ikut mendukung dan mengikuti lomba blog guru dan sekolah yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. 

0 komentar: