Selasa, 08 Februari 2011

INTERNET DI SEKOLAH

Bukan barang baru, kini bilang Internet adalah hal yang wajar dikatakan oleh orang. bahkan oleh anak seusia SD sekalipun. Sejak kemunculan situs jejaring sosial semacam facebook dan twitter,kini internet menemukan jamannya. Sayang, penggunaan internet bagi kebanyakan seusia sekolah hanya digunakan untuk ber facebook-an ria bukan untuk mencari sesuatu yang lebih berguna didalam menunjang pendidikan disekolah. Namun bagi sekolah yang kreatif tentu akan mengajarkan cara berinternet yang sehat dengan mengakses situs-situs dunia pendidikan atau  men-download soal-soal latihan dari situs sekolah.
Internet adalah sumber daya informasi, sebutan tersebut bukan suatu hal yang biasa. Dikatakan demikian karena internet merupakan penyedia informasi terbesar dan terluas di dunia. Selain sumber daya informasi ada juga yang menyebut internet sebagai perpustakaan dunia, karena informasi apapun dapat ditemukan didalamnya dari sumber yang berbeda serta dengan bahasa yang beragam.
Dunia pendidikan adalah dunia dimana sumber daya manusia dibentuk. Karena pendidikan dijadikan pusat perhatian pengembangan dalam segala bidang. Untuk itu sarana dan prasarana dalam memperoleh pengetahuan tidak bisa ditiadakan, dalam hal ini adalah Internet.
Tanggung jawab sekolah dalam era globalisasi saat ini adalah menyiapkan siswa menghadapi perubahan jaman, dimana hal-hal yang dahulunya dilakukan secara manual kini telah beralih ke digital.
Kemampuan mengoperasikan komputer merupakan modal awal mengikuti perkembangan ini, oleh karenanya sekolah sudah seharusnya menyediakan fasilitas pendukung sebagai salah satu sarana pembelajaran yaitu komputer yang bisa berperan ganda, selain bekerja secara offline komputer juga seharusnya mampu bekerja secara online (internet).
Dengan didukung internet kegiatan belajar akan lebih menyenangkan dan variatif, siswa juga bisa mencari referensi materi pelajaran yang lebih lengkap dan uptodate.
Kemudahan lain yang didapat misalkan kemudahan interaksi yang terjalin, baik antar guru, guru dan siswa, atau siswa dengan siswa. Interaksi tersebut bisa berupa tanya jawab mengenai pelajaran sekolah, diskusi pengadaan kegiatan, atau mengobrol membahas komunitas di sekolah.,
Meskipun internet sangat berpotensi untuk memberikan keuntungan-keuntungan dan kemudahan, pemakaian internet di sekolahan hendaknya diatur sedemikian rupa sehingga aktifitas online yang dilakukan benar-benar kegiatan belajar, dan setiap kegiatan yang dilakukan siswa juga harus dimonitor dengan baik.
Para pengajar sudah seharusnya tahu bahwa selain dampak positif yang diberikan terdapat juga dampak negatif yang bisa diakibatkan oleh internet, misalkan saja pengaksesan situs-situs berbau kekerasan maupun pornografi, yang mampu menghambat pembelajaran siswa.
Di masa sekarang ini setiap sekolah sudah seharusnya mempunyai sebuah website, sehingga interaksi antar masyarakat sekolah jauh lebih terarah.
Bentuk fasilitas-fasilitas yang diberikan sekolah antara lain :
  • Akses ke perpustakaan yang bisa dilakukan secara online, misalkan pencarian judul-judul buku sesuai kategori yang diinginkan.
  • Akses jadwal palajaran sekolah, dimana siswa bisa langsung mencarinya di website sekolah mereka,
  • Mencari bahan-bahan yang disediakan oleh Guru secara online untuk dipelari di rumah.
  • Serta akses langsung ke Kapala Sekolah, Guru, dan antar siswa.
Dalam hal ini secara garis besar internet sangat membantu aktifitas kegiatan akademik dan non akademik lingkungan sekolah.
Namun, tidak dapat dipungkiri,  tidak semua sekolah mampu secara nyata melaksanakan Program Internet di sekolah, baik karena alasan sumber daya manusianya maupun sarana yang memadai.

0 komentar: