Minggu, 03 April 2011

Kids Atletik

Sejak tahun 2009 yang lalu kita telah diperkenalkan dengan jenis cabang olah raga terbaru. Jenis olahraga ini diperuntukkan bagi siswa sekolah dasar. Namanya adalah Kids Atlhetics. Didalam Kids athletik ini ada bermacam-macam cabang, diantaranya adalah :
    Canga Escape
  • Sprint/Hurdles 



Lompat Katak

  • Forward Squat Jumps
Lempar Turbo

  • Kids Javelin throwing
Formula ONe

     
  • Formula one
Cabang dari Atletik ini telah dipergunakan didalam kejuaraan  popda SD Kabupaten Sukoharjo  tahun 2009 sampai dengan sekarang. Dilihat dari jenisnya, kejuaraan untuk siswa sekolah dasar ini, memang lebih sederhana di bandingkan dengan cabang atletik  untuk anak usia sekolah menengah. selain lebih simpel jenis kejuaraan ini memang lebih menyenangkan bagi siswa. Penggunaan alat yang relatif murah serta mudah dalam membuatnya.
Kendala yang mungkin menghambat seorang guru untuk memberikan materi Kids atlhetik ini adalah belum adanya informasi atau penegasan kepada komunitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tentang perubahan kurikulum yang diajarkan. Karena didalam kurikulum materi kids atletik ini memang belum di masukan, sehingga guru masih memberikan materi sesuai dengan kurikulum, seperti, Lompat jauh, lari cepat, tolak peluru dan lain sebagainya. Sehingga pelatihan kids atletik atau atletik untuk anak ini tidak akan maksimal. Karena didalam pelatihannya hanya ada didalam materi tambahan bukan pada materi utama yang ada didalam kurikulum pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. 
Untuk itu perlu campur tangan dari pemegang kewenangan kurikulum untuk memasukan ke dalam kurikulum wajib di sekolah sehingga pembelajarannya akan lebih efektif.
Di bawah ini kami sertakan video latihan untuk pembelajaran Kids Athletik

Latihan penguatan Loncat Katak




Latihan formula one



3 komentar:

Anonim mengatakan...

Keren juga videonya Pak

Anonim mengatakan...

akhirnya aku menemukan teknik latihan untuk atletik kids......
maklum aku cuma gtt yang ditugasi mengajar olahraga dan basic bukan dari PGOR. matur nuhun kang videonya !

SAMSUL ARIFIN mengatakan...

Alhamdulilah ...trims kawan....