Senin, 31 Oktober 2011

Game Friday di Pendidikan Karakter Bangsa

Game Friday !! Berawal dari kebosanan dari para siswa untuk melakukan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) versi 2009 setiap jum'at pagi, terbentuklah sebuah jenis kegiatan untuk menggantikan "peran" SKJ 2009 ini. Kegiatan ini kami namakan "Game Friday"
Sebenarnya kebosanan untuk melakukan senam kesegaran jasmani sudah diantisipasi dengan berbagai cara agar peran SKJ untuk meningkatkan kesegaran jasmani warga sekolah  dapat diatasi yaitu dengan adanya pergantian secara berselang-seling dengan jenis senam yang lain, diantaranya senam pramuka, jalan santai, dan gerak jalan. Namun yang namanya anak, ada saja keengganan untuk melakukan senam secara sungguh-sungguh. Mengingat sudah hampir 4 tahun ini belum ada jenis senam yang baru bagi anak sekolah khususnya untuk sekolah dasar, sehingga perasaan bosan untuk senam kesegaran jasmani setiap jum'at pagi terasa membosankan bagi siswa.
Dari sikap itu, kami memikirkan suatu kegiatan untuk menggantikan atau setidaknya memberikan selingan akan  "peran" SKJ 2009 ini dengan kegiatan lain yang juga memiliki fungsi untuk  meningkatkan kesegaran jasmani warga sekolah.
Tujuan dari Game Friday ini selain untuk meningkatkan tingkat kesegaran jasmani siswa juga untuk memupuk sikap-sikap positif siswa, antara lain : untuk
memupuk kesetiakawanan sosial, solidaritas, Kejujuran, keadilan, tanggungjawab, sportifitas, dan  rasa percaya diri.
Kita menyadari, banyak anak-anak yang akhir-akhir ini mengalami banyak masalah dengan perilakunya. Untuk mengantisipasi  itu maka  kegiatan game friday ini kami diadakan. Selain itu, kegiatan ini dalam rangka mengimplementasikan muatan pendidikan karakter bangsa. Seperti yang sekarang ini lagi nge-trend adalah adanya penambahan muatan pendidikan karakter bangsa didalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Game Friday yang diadakan setiap jum'at pagi ini berbentuk berbagai macam game permainan yang diikuti oleh seluruh siswa baik siswa kelas I maupun siswa kelas VI. Bentuk permainannya bermacam-macam sesuai dengan agenda yang telah disusun berdasarkan program sekolah atas masukan guru dan usulan siswa.
Sebagai contoh adalah:
Permainan "dokar-dokaran". Permainan ini dapat dimainkan oleh banyak siswa dengan dibagi menjadi beberapa regu. setiap regu terdiri dari 4 siswa. 3 siswa kelas besar ( IV - VI) menjadi 'dokar" sedangkan 1 siswa kelas kecil ( I-III ) sebagai kusirnya. Dalam pelaksanaannya, permainan ini tidak hanya bermain dihalaman saja tetapi dapat berjalan diperkampungan masyarakat dengan terlebih dulu diberi rute perjalanan. Permainan ini selain untuk meningkatkan kesegaran jasmani juga membina kebersamaan, kekeluargaan dan rasa solidaritas diantara siswa kelas besar dan siswa kelas kecil. Siswapun merasa senang dapat bermain bersama. permainan ini juga dapat sebagai ajang meningkatkan hubungan masyarakat disekitar sekolah dengan ikut menyemangati para siswa. Akhir dari game dapat di beri hadiah bagi regu yang tercepat, tertib, aman dan sportif.
Jenis permainan game friday lainnya antara lain: becak-becakan, momong bebek, gendong sampai pegal, mencari anak hilang, dan sebainya.
Intinya permainan-permainan ini diambil dari permainan anak-anak atau permainan tradisional yang  dimodifikasi menjadi game-game yang dapat dilakukan secara kelompok atau regu yang menyenangkan bagi siswa dan guru.
Kegiatan semacam ini ternyata lebih efektif dilakukan untuk mengisi "kebosanan" para siswa dalam melakukan senam pagi. Adanya perbedaan sikap dan tingkah laku menunjukan perubahan nilai moral yang mulai terbentuk sejak adanya game friday ini. Rasa kebersamaan antar siswa maupaun antar kelas semakin meningkat. kesegaran jasmanipun semakin baik. Dan,..........Semoga kegiatan ini dapat terus diadakan dan ditingkatkan. Untuk anda pemerhati pendidikan, dengan adanya kegiatan ini kami membuka kesempatan kepada anda untuk bisa bertukar wawasan tentang kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesegaran jasmani sekaligus memupuk sikap positif siswa yang lain. Sekian,...terimaksih.
 

0 komentar: